Grab Bike info

Grab Bike Mudik ke Udik

Tradisi mudik adalah milik semua orang. Indahnya berlebaran di kampung halaman tepat di hari raya akan selalu menjadi kenikmatan bersama. 

Begitu pula dengan prosesinya, dari laut, udara, dan darat, seluruh akses rute dipastikan bakal dibanjiri lautan pemudik.

Dari sedemikian banyak cara mudik, naik motor akan selalu menjadi cara mudik paling favorit. Murah, ringkas, cepat alias bisa nyelap-nyelip di kemacetan jalan antar provinsi, menjadi keistimewaan motor. 

Polda Metro Jaya memperkirakan pemudik dari Jakarta yang menggunakan sepeda motor mencapai 5,6 juta orang pada lebaran tahun 2016. 

Resiko kecelakaan lebih besar motor ketimbang kendaraan mobil dan sejenisnya.

Tentu bukan berarti tak bisa mudik dengan bermotor ria, tetapi tetap harus menyiapkan hal-hal demi perjalanan mudik yang aman hingga ke tujuan. 

Mulai dari melakukan pengamatan kondisi motor sebelum mudik sampai kondisi fit tubuh pengendara ketika melakukan mudik. 

Ingat loh, mudik tuh gak seperti turing, sedikit saja kita lengah, bisa-bisa berabe bahkan gawat darurat.

Nah, berikut tips-tips ringan yang bisa Rekan GRABBIKE, dan juga rekan Bikers kudu perhatiin untuk sebuah mudik via motor 

1. Cek kondisi kendaraan bermotor, mulai dari kondisi rem, ketebalan ban, hingga performa mesin. Jika terasa aneh, jangan malas ke bengkel untuk servis penuh.

2. Jangan lupa mengisi bensin kendaraan dalam keadaan full tank. Siapkan leaflet berisi peta posko ramadhan dan peta agar tidak tersesat dan bisa mengkondisikan perjalanan sesuai kebutuhan dan mendapat panduan perjalanan.

3. Jika membawa barang bawaan yang banyak manfaatkanlah boks belakang atau samping. Setidaknya beban motor anda bisa ditopang oleh boks.

4. Pakailah helm full face, atau setidaknya half face agar terlindungi dari terpaan debu dan pasir selama perjalanan.

5. Dalam perjalanan mudik, selalu menjaga ritme waktu berkendara. Setidaknya tiap 3 jam sekali, beristirahat selama 20 menit agar badan pulih dan segar. 

Jangan memaksakan diri tetap berkendara hingga ke tujuan. Kalau capek usahakan istirahat kalau perlu tidur ditempat yang aman, supaya bisa aman ajak teman anda untuk bergantian berjaga.

6.Jangan lupa bawa kotak P3K untuk mengantisipasi kemungkinan kecelakaan atau sakit saat di perjalanan. Sediakan peralatan mekanik apabila di tengah perjalanan motor anda mengalami masalah teknis.

7. Simpan kontak emergensi apabila di tengah perjalanan anda menjadi korban
tindak kejahatan atau  kecelakaan lalu lintas.

8. Sesampai tujuan, jangan lupa untuk melakukan servis terhadap motor anda. Perjalanan mudik yang jauh tentu juga berpengaruh pada kondisi mesin. 
Apalagi motor mudik umumnya bukanlah motor turing atau jarak jauh. 
Jangan sampai pas pulang ke rumah malah direpotkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat!
#Salam1Aspal
#SalamPATOGBESI
#Post By : B-ONE NEWS UDIN sedunia
PATRIOT GRABBIKE BEKASI
--------PATOGBESI--------

About Patogbesi

0 comments:

Posting Komentar