Patogbesi Info

#Cara Aman Terjang Jalanan Banjir saat nge-Grab

#Cara Aman Terjang Jalanan Banjir saat nge-Grab

Rekan Grab driver dimanapun anda berada ,Musim hujan telah tiba! Itu artinya, jika hujan turun seharian sudah pasti akan banyak genangan air atau luapan air di sepanjang jalan yang gak jarang bikin motor yang melintas jadi mogok.


Mogok saat melewati jalanan yang terdapat luapan air sebenarnya terjadi akibat kamu tidak mengendarai motormu dengan benar bro!

Nah, biar motor gak mogok lagi saat melewati jalanan banjir apalagi sesang bersama penumpangnya maka gak ada salahnya kamu melakukan cara-cara berikut ini.

1. Arahkan motor ke jalanan yang lebih tinggi

Ini penting lho bro! Soalnya, kalau kamu mengarahkan motormu ke jalanan yang rendah dan tergenang banyak air maka kemungkinan motormu mogok tinggi.

Lihat dulu, jalanan yang akan kamu lalui itu ketinggiannya berapa juga?ini  kemaren ane coba pas melintasi  banjir di perumahan Taman Harapan Baru ane laju kendaraan bersama penumpang menerjang genangan setinggi 25-35 CM.

Namun hati2 bila mana tidak mengenal medan tersebut boleh jadi bisa kejebur got malah repot.
Dan ingat kalau sudah di atas setengah ukuran banmu, maka mending kamu tunggu sampai kapasitas air berkurang atau cari saja alternatif jalan lainnya.

2. Arahkan persneling ke gigi satu saat lewati jalanan banjir bila menggunakan motor bebek.

Khusus kamu yang menggunakan motor model bebek, usahakan untuk mengarahkan persneling ke gigi paling rendah alias satu. Mengarahkan persneling ke gigi satu perlu kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan air ke dalam mesin yang tentunya menyebabkan motor mogok.

Dan bila mana menggunakan motor matik jangan berhenti narik gas usahakan selalu fokus tarik gas dan mainkan rem untuk mengendalikan laju kendaraan anda.

Ini ane pernah nyoba saat menerjang banjir di Jl.Bintara Raya Bekasi motor ane pada akhirnya mogok karena kurang kontrol saat memainkan rem dan gas.


3. Jangan ngebut, tapi jangan terlalu melambat juga!

Saat melewati jalur dengan genangan air alias banjir, usahakan kamu tidak ngebut. Soalnya, menggeber motor dengan kecepatan tinggi bisa mendorong air ke dalam mesin.

Hal ini bisa menyebabkan terjadinya induksi air melalui saringan udara dan juga meningkatkan kerusakan komponen listrik dan elektronik yang ada di dalam komponen mesin.

Meski disarankan untuk tak ngebut, kamu juga jangan melambat saat melewati jalan banjir.

 Pasalnya, kalau laju motor melambat maka dapat meningkatkan kemungkinan air masuk melalui pipa knalpot dan dapat merusak komponen mesin alias elektronik yang penting.


4. Setelah lewat jalur banjir, segera keringkan rem.

Jadi, saat kamu sudah melewati jalur yang tergenang banjir maka ada baiknya kamu segera keringkan rem motormu biar bisa dipakai secara normal lagi. Gunakan rem dengan perlahan untuk mengeringkan bagian-bagiannya.

Injak rem dengan perlahan untuk mengeringkannya. Agar tak terjadi hal yang tak diinginkan, maka kamu wajib mengendarai motormu dengan kecepatan sedang.

Itulah cara aman untuk menerjang jalanan banjir dengan motor. Semoga bermanfaat  dan selalu ingat untuk berkendara aman di jalanan apapun kondisinya!

Jangan memaksakan diri berkendara bila cuaca dan kondisi kurang prima.
Berhenti dan beristirahatlah.


Selamat mencoba
Semoga bermanfaat

Salam Satu Aspal
Created By : Udin  Sedunia

About Patogbesi

0 comments:

Posting Komentar