Info maintenance motor

TIPS UNTUK MENGATASI BAN DALAM SEPEDA MOTOR YANG BOCOR

Ban dalam yang bocor
Sahabat  biker Patogbesi dimanapun anda berada, jumpa lagi dengan saya udin pitax Patogbesi. Kali ini saya akan kupas mengenai Ban dalem yang bocor.

Kendaraan bermotor saat ini menjadi barang kebutuhan yang tidak bisa  lepaskan dari kehidupan sehari-hari kita  sebagai  kang ojek onlineKendaraan roda dua ini sebagai sarana untuk memudahkan kegiatan perekonomian sebagai alat perpindahan barang dan transportasi darat dari desa ke kota dan sebaliknya.
Sepeda motor merupakan alat kerja kita sebagai kang ojek online ,sebagai alat transportasi yang serba ringkas,aman dan praktis karena dapat menjangkau lokasi yang tidak bisa di lalui kendaran roda empat, seperti masuk ke gang-gang sempit menembus “belantara” kemacetan di ibukota.
Tetapi hal itu dapat terganggu jika motor kita mengalami trouble kempes ban, dunia  ini akan serasa kacau, lokasi jauh dari keramaian, sendirian maupun pada saat ada penumpang atau sedang dapat order, apalagi di daerah rawan kejahatan, terus tukang tambal ban sangat jauh dari lokasi TKP .

Untuk ban tipe tubeless hal ini tidak begitu khawatir, selama paku/benda tajam lainnya tidak di cabut ,kempesnya akan lambat dan bisa memacu kendaraannya ke tukang tambal, tapi untuk tipe ban yang menggunakan ban dalam tidak bisa , paku harus di cabut dulu dan motor juga harus di tuntun menuju tukan tambal ban, kecuali kalau bisa nambel sendiri dengan alat-alat tambal ban praktis yang di jual di toko-toko otomotif.

Saya punya pengalaman pribadi menangani ban dalam motor saya yang kempes, 

saat itu lokasi tambal ban dua setengah kilo meter dari tempat kejadian.
Hal-hal yang perlu dilakukan pada situasi ini adalah :


1. Jangan Panik.
2. Pinggirkan motor ke tempat aman(Tepi jalan).
3. Motor di standar tengah.
4. Periksa apakah ada benda tajam yang menancap di ban luar.
5. Jika ada, gunakan tang (alat ini harus selalu dibawa didalam bagasi motor) untuk mencabut benda tajam tersebut, dan periksa lagi apakah masih ada lagi.
6. Buka mur pengikat pentil di velg dengan tang atau kalau ada kunci pas ukuran 12cm.
7. Jika sudah lepas, baut pentil (pentil motor) di dorong/ditekan kedalam velg sampai masuk semua, ban luar sambil di goyang-goyangkan agar pentil motor masuk semua.
8. Simpan mur pentil jangan sampai jatuh.
9. Motor pun bisa di kendarai perlahan-lahan, akan terasa aneh karena memang akan kurang stabil tapi efektif mengamankan    ban motor dari kerusakan yang lebih parah.
10. Jika mur pentil motor tidak di buka dan di tekan kedalam velg, lalu motor di kendarai terus akan menyebabkan kerusakan, pentil akan robek yang mengakibatkan harus mengganti ban dalam yang harganya jika di tukang tambal kadang mahal banget.
11. Ketika sampai ke tukang tambal ban, dia akan bilang pentilnya sudah copot, mintalah di buka ban dalamnya dan beritahu bahwa pentilnya sudah di masukan ke dalam velg, lalu ban akan di periksa dengan air untuk mencari kebocorannya, jika tidak ada benda tajam lain yang menusuk ban lagi , maka aman, tambalan mungkin akan satu lubang saja, dan pentilpun aman dari robek.


Kerusakan pada ban yang kempes umumnya tertusuk benda tajam, tapi kadang ban dalam kempes dikarenakan juga oleh kualitas dari ban dalam itu sendiri. Ban dalam kualitas bagus biasanya ban orsinil atau ban dalam bermerk lainnya yang sudah teruji di masyarakat. Tapi jika ban kualitas rendah yang harganya juga murah jika tertusuk paku akan langsung meledak.


BACA JUGA :



Segera beralihlah ke ban Tubelles, semoga kita semua senantiasa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.


Silahkan ditambah ya pengalamanmu....

Selamat mencoba ....
Semoga Bermanfaat....

#Salam Satu Aspal
#Salam Patogbesi


 SARAN & KRITIK:
VIA TELEGRAM

admin@patogbesi.com
divsos@patogbesi.com

About Patogbesi

0 comments:

Posting Komentar