Tips and Trick Patogbesi

Tutorial Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form



Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form

  Sahabat GrabBike Patogbesi dimanapun anda berada, tentunya kita sudah tahu bahwa Google Docs sudah diintegrasikan dengan Google Drive, membuat semua aktivitas penyimpanan dan pengeditan file bisa dilakukkan dalam 1 layanan yang disediakan oleh Google.

 Google Drive memiliki banyak sekali fitur dan layanan mulai dari pembuatan dokumen dalam berbagai format seperti word dan excel, menyediakan penyimpanan cloud sebesar 15GB, sampai fitur untuk membuat form secara online. Form Online Google mungkin sering sahabat GrabBike temui seperti pendaftaran online GrabBike, link Form untuk pendaftaran Komunitas GrabBike, Link Form untuk survey GrabBike dan lain sebagainya

 Untuk kali ini saya akan kupas mengenai tutorial membuat formulir online menggunakan Google form , semoga dapat membantu banyak orang yang sedang bingung mencari informasi tentang cara membuat formulir online. 

 Karena Google Form adalah bagian dari Google Drive, Sahabat GrabBike Patogbesi harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Silahkan registrasi terlebih dahulu jika sahabat GrabBike Patogbesi belum memiliki akun Google namun bila sahabat GrabBike Patogbesi akun Googlenya telah siap, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat formulir online menggunakan Google drive :

 1. Silahkan login dahulu ke Google drive menggunakan akun Google sahabat GrabBike.

 2. Setelah masuk Google Drive, silahkan fokus pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada tombol New > More > Google Forms.  

 3. Sahabat GrabBike Patogbesi akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih serba untitled.

  4. Sahabat GrabBike Patogbesi bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul Sahabat GrabBike Patogbesi sendiri. Sebagai contoh saya menggantinya menjadi Contoh Form Pendaftaran KBGB.Patogbesi. Untuk bagian yang saya ganti dengan Nama itu adalah form pertama yang disediakan.  
    5. Klik pada Add Item yang berada di bagian bawah untuk menambah form baru, Sahabat GrabBike Patogbesi bisa memilih jenis form seperti apa yang ingin Sahabat GrabBike Patogbesi tambah. 
 Sahabat GrabBike Patogbesi bisa menambah form dalam bentuk teks yang lain.  

 6. Sebagai contoh saya akan membuat Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.   




 7. Saya akan menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran. Anda juga dipersilahkan untuk berkreasi. 

 8. Bagian Confirmation Page adalah halaman yang muncul setelah form nanti disubmit oleh pengisi form, Sahabat GrabBike Patogbesi dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan . Dan setelah pembuatan form dan halaman konfirmasinya selesai, silahkan klik Send Form.  

 9. Jendela baru yang berisi URL form Sahabat GrabBike Patogbesi akan muncul, anda bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.  

 10. Silahkan buka form Sahabat GrabBike Patogbesi menggunakan URL yang sudah anda dapatkan dari proses sebelumnya. Sebagai contoh, ini adalah form yang saya buat dalam tutorial ini .

11. Dari sini pembuatan form sudah selesai dan Sahabat GrabBike Patogbesi sudah bisa menyebarkan URL Form kepada semua orang yang diinginkan.

Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive.
 Sahabat GrabBike Patogbesi bisa mengaksesnya dengan mengeklik View Responses yang berada di halaman editor form.  Contoh di atas hanya menunjukkan cara membuat formulir online untuk pendaftaran, namun Sahabat GrabBike Patogbesi bisa mengaplikasikannya untuk membuat berbagai jenis form mulai dari form kontak, Form pendaftaran online, Form absensi Komunitas, Sahabat GrabBike form untuk pemesanan barang, Form kuisioner dan survey untuk mengerjakan skripsi, dan masih banyak lagi.

Sekian untuk tutorial kali ini, terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat

Saran dan kritik silahkan kirimkan ke : admin@patogbesi.com 
Big hug & regards
Udin Pitax
www.patogbesi.com

 One grab one brotherhood 
Together we are strong

About Patogbesi

0 comments:

Posting Komentar