Grab Safety

10 POINT PENTING SAFETY RIDING YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH PENGENDARA RODADUA ALA BIKER PATOGBESI

10 POINT PENTING  SAFETY RIDING YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH PENGENDARA RODADUA ALA BIKER PATOGBESI
 
www.patogbesi.com
Biasakan 4 Sehat & 5 Selamat
Sahabat Patogbesi dimanapun anda berada, Keselamatan merupakan bagian paling penting yang diperhatikan saat berkendara.
Hingga saat ini, sebagian orang bisa mengendarai sepeda motor, Tak semua orang memahamai cara mengendarai sepeda motor dengan baik, benar  dan memperhatikan sisi keamanannya, baik keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri maupun bagi sesama pengguna jalan raya lainnya. 

Sebelum berkendara  bikers PATOGBESI menyarankan untuk selalu budayakan 4 sehat 5 Selamat , apa itu ???
  1. Sehat yang Pertama adalah  Sehat Jasmani & Rohani
  2. Sehat yang Kedua adalah Kondisi kendaraan yang sehat dan siap tempur.
  3. Sehat Navigasi & Sistem Keselamatan Berkendara
  4. Budayakan Sehat Berkendara dengan selalu patuh akan rambu & peraturan yang berlaku.
  5. Yang Kelima adalah Selamat yaitu membiasakan berdoa mohon perlindungan kepada sang Maha Kuasa agar senantiasa diberikan perlindungan.
Banyaknya kecelakaan yang melibatkan para pengendara roda dua, akhirnya kembali mencuatkan kampanye untuk berkendara secara aman di jalanan dan juga pusat pelatihan Safety Riding, terbukti sangat bermanfaat bagi banyak orang.
 

Safety Riding sendiri adalah perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.




 Berikut akan penulis uraikan 10 POINT PENTING  SAFETY RIDING YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH PENGENDARA RODADUA ALA BIKER PATOGBESI :

1. Jika sepeda motor disandarkan oleh standar pinggir (standar miring), janganlah duduk terlebih dahulu melainkan bebaskan terlebih standar miring terlebih dahulu dengan menggunakan kaki kiri.
bebaskan terlebih standar miring terlebih dahulu dengan menggunakan kaki kiri.
Bebaskan terlebih standar miring terlebih dahulu dengan menggunakan kaki kiri.

2. Bila kendaraan anda distandar dua, untuk melepaskannya gunakanlah kaki kiri untuk membebaskannya.

3. Setelah anda telah siap mengemudi, pastikan keadaan di sebelah kanan anda aman dengan menolehkan kepala kesisi kanan kebelakang, setelah aman barulah anda bisa mulai mengendarai motor anda.

4. Di saat Anda melakukan perjalanan maka pastikan empat jari kanan dan kiri Anda telah berada dituas rem depan dan kopling (jika terdapat kopling).

5. Di saat anda ingin melakukan pemberhentian utamakanlah rem depan di saat anda ingin menghentikan kendaraan, karena beban berat anda akan berada di depan dan ini membuat anda lebih cepat berhenti.

Cara melakukan pengereman depan yang baik adalah dengan meremas secara perlahan yang diawali jari kelingking dan diakhiri jari telunjuk, tidak dengan menekan secara bersamaan.

6. Namun anda juga tidak lupa untuk menggunakan rem belakang dalam melakukan pemberhentian. Akan tetapi rem ini dipergunakan hanya sebagai penyeimbang rem depan saja agar tidak terjatuh.

7. Setelah kendaraan sudah mulai berhenti barulah anda menarik kopling dengan cara meremasnya pula. Hal ini pun bertujuan agar mesin kendaraan tidak mati.

8. Selanjutnya apabila kendaraan sudah ingin berhenti, maka siapkan kaki kiri anda untuk menjadi pijakan anda. Dan setelah itu barulah anda melakukan pergantian ke transmisi rendah.

9.Setelah transmisi sudah di posisi rendah maka lihatlah kembali ke kanan untuk memastikan tidak ada kendaraan yang ingin melintas, baru setelah itu melanjutkan perjalanan.

10. Dan taati lah selalu  peraturan lalu lintas.


Selamat Mencoba Ya....
Semoga bermanfaat
Sukses Yaaa........

#Salam Satu Aspal
#Salam Patogbesi

Saran & Kritik : 


About Patogbesi

2 comments:

  1. Sedikit menambahkan untuk point 4 & 5 dalam safety riding tidak di anjurkan ...

    Untuk posisi atau letak tangan yg benar adalah kedua tangan mengapit kedua stang sampai mentok di grip stang ...jangan biasakan tangan menggantung di rem depan ...
    Kemudian untuk pengereman utamakan lah rem blakang baik itu tanpa beban ataupun dengan beban ...gunakan rem depan hanya untuk membantu menstabilkan ...
    Maaf cuma sekedar berbagi dari beberapa safety riding yg pernah saya ikuti ya seperti itu harusnya ...

    peace ✌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih tambahannya semoga bermanfaat

      Hapus