BERSAMA PATOGBESI PERANGI BERITA HOAX

 Sahabat DriverPatogbesi  di manapun anda berada salam satu aspal salam sejahtera. Semoga kita semua selalu dalam lindungannya, di berikan kesehatan & kelancaran dalam beraktifitas hari ini 

Sebuah kebanggan tersendiri buat saya pribadi bisa bergabung dalam Keluarga Besar Patriot Ojek Online Gabungan Bekasi (PATOGBESI).

Bagaimanapun juga Ngojek adalah bagian dari keseharian agar dapur dirumah tetap ngebul. Rekan-rekan ojek online  pun secara tidak langsung menjadi keluarga kedua bagi saya.

 Tak bisa di pungkiri Whatsapp merajai media pesan para Ojek Online yang  memang menjadi media informasi bagi para Driver sebagai bagian dari keluarga Kedua untuk mendapatkan informasi di lapangan. Entah sudah ada berapa Group Whatsapp yang terbentuk, mungkin jumlahnya pun tak  bisa terhitung lagi dengan jari. Saya pun mempunyai group whatsaap lebih dari satu untuk menampung informasi-informasi seputar Ojek  Online baik Grab, Go-jek Maupun Uber

Informasi yang di bagikanpun beragam  melalui pesan berantai di Group Whatsapp, Telegram, BBM ATAU Media Sosial yang lain. Namun jika di telaah lebih jauh lagi akhir-akhir ini banyak sekali berita-berita Boong atau yang kita kenal dengan HOAX yang tersebar ada Voice note adapula berupa teks. Namun amat di sayangkan sebagian berita yang di sebarkan pun tidak jelas keakuratannya dan bisa di kategorikan sebagai berita HOAX. 

Hoax atau berita palsu pasti sudah tak asing lagi kamu temui di media online. Mulai dari media sosial hingga group chat bagai lahan 'empuk' untuk oknum-oknum tertentu menyebarkan berita hoaxBerita hoax biasanyabersifat kontroversial dan memancing emosi bahkan ketika baru membaca judul berita. Alhasil, pembaca yang terpengaruh, buru-buru menekan tombol share, bahkan tanpa membaca isi berita dan jeli terhadap kebenaran berita. 

Amat di sayangkan jika Sahabat Driver Patogbesi tertipu oleh berita HOAX tersebut padahal jelas-jelas berita yang di sebarkan pastinya berasal dari informan yang sama sekali tak bertanggung jawab. Entah apa maksud dan tujuannya berita-berita hoax itu sengaja di sebar melalui pesan berantai whatsapp.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk ungkap kebenaran berita tersebut diantaranya sebagai berikut :
  1. Cari tahu dan kunjungi sumber tulisan
  2. Cek apakah semua berita di sumber tersebut bersifat kontroversial dan meragukan
  3. Cek apakah sumber rujukan mengatakan hal yang sama
  4. Cross-check dari berbagai sumber terpercaya
  5. Tulisan disajikan dengan 'emosi' yang berlebihan
  6. Biasanya tulisan memicu amarah
  7. Manfaatkan "Google Search Image"
"Hoax" bukanlah produk jurnalistik namun seringkali dikaitkan dengan pemberitaan.
Gunakan logika atau akal sehat. Jangan mudah percaya begitu saja atau terpancing saat membaca sebuah berita yang beredar di media sosial. Cek dan ricek lagi kebenarannya. Pilah-pilah dan telaah isi beritanya sebelum menyebarkannya ulang. Tanyakan pada diri sendiri apakah informasi tersebut bermanfaat jika disebar atau justru dapat merugikan orang atau kaum lain dan memecah belah. 

#StopBeritaBurung
#StopBeritaBohong
#TebarSelaluBeritaKebaikan
#TebarKedamaian
#STOP HOAX....!!!

Salam Satu Aspal

Saran & Kritik : 

0815-866-79711 




About Patogbesi

0 comments:

Posting Komentar