MK MENOLAK OJEK ONLINE SEBAGAI ANGKUTAN UMUM






Sahabat Patogbesi dimanapun anda berada, Mahkamah Konstitusi Menolak Permohonan Uji Materil Ojek Online sebagai Angkutan Umum dengan  Putusan Mahkamah Konstitusi nomor: 41 PUU-XVL/2018  Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin  memutuskan bahwa permohonan untuk menjadikan Ojek Online (Ojol) sebagai angkutan umum ditolak. Dalam keputusannya MK menolak memberikan payung hukum bagi Ojol. Terdapat beberapa pertimbangan MK dalam putusannya yang dapat dikritisi:

1. Kendaraan Umum Harus Aman
Dengan konstruksi dasar filosofis UU LLAJ, jenis kendaraan bermotor umum harus mewujudkan keamanan dan keselamatan terlebih yang diangkutnya adalah orang. Pasal 47 ayat (3) UU LLAJ tersebut justru memberikan perlindungan kepada setiap warga negara ketika menggunakan angkutan jalan baik angkutan jalan dengan jenis kendaraan bermotor umum maupun perseorangan.

2. Sepeda Motor Bukan Kendaraan Umum. Menurut MK dengan menggunakan konstruksi berpikir UU LLAJ, sepeda motor memang tidak dikategorikan sebagai kendaraan bermotor penumpang atau mengangkut barang. Pengaturan yang demikian dimaksudkan agar terwujud angkutan jalan yang aman dan selamat bagi pengemudi, penumpang, juga pengguna jalan. Sepeda motor bukanlah angkutan jalan yang diperuntukkan mengangkut barang dan/atau orang dihubungkan konteksnya dengan Pasal 47 ayat (3) UU LLAJ

3. Bukan Permasalahan Konstitusi. Mahkamah Konstitusi tidak menutup mata adanya fenomena ojek Online, namun hal tersebut tidak ada hubungannya dengan konstitusional atau tidak konstitusionalnya norma Pasal 47 ayat (3) UU LLAJ karena faktanya ketika aplikasi online yang menyediakan jasa ojek belum ada atau tersedia seperti saat ini, ojek tetap berjalan tanpa terganggu dengan keberadaan Pasal 47 ayat (3) UU LLAJ.

Apapun keputusannya
Tetap Semangat Kawan...
Perjuangan ini belum berakhir
Jangan Pernah Menyerah Dan Jangan Berputus Asa Dengan Keadaan.

#TetapSemangat
#PerjuanganIniBelumBerahir
#BerjuangBersamaKami
#RasionalisasikanTarifOjekOnline
#KamiBukanBudak
#PatogbesiPeduli
#Patogbesi

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MK MENOLAK OJEK ONLINE SEBAGAI ANGKUTAN UMUM"

Good comment, Good readers, we will review your comment as a long as relevant comment.

Untuk Join dengan Patogbesi Telegram http://bit.ly/2W5KNm4